Aplikasi Nilai Sekolah Format Excel

by Okta D Hariri on 06:52 AM, 04-Mar-13

Category: Baturan Q

Aplikasi Nilai Sekolah Format Excel

Aplikasi Nilai Sekolah Gratis

Aplikasi Nilai Sekolah menggunakan excel sebagai program pengolahan nilai saat ini masih banyak digunakan oleh kalangan dunia pendidikan. Pengolahan nilai seperti nilai raport per semester, nilai ujian sekolah tulis dan praktek, bahkan nilai ahlak mulia untuk mata pelajaran PAI.


Pengolahan Nilai Sekolah oleh setiap sekolah untuk bahan laporan ke Dinas Pendidikan Kabupaten saat ini masih menggunakan program aplikasi pengolahan kata Ms. Excel. Berdasarkan penelusuran yang ilmuexcel tahu bahwa sekitar 95% sekolah menggunakan Ms. Excel sebagai software pengolahan data angka. Untuk itu pada kesempatan posting artikel ini ilmuexcel akan mencoba membahas bagaimana membuat sebuah aplikasi pengolahan nilai sekolah yang bisa dijadikan bahan membuat laporan nilai sekolah ke Dinas Pendidikan Kabupaten.

Nilai Sekolah yang ilmuexcel buat adalah laporan nilai untuk mata pelajaran PAI SMA. Apa saja data yang harus dibutuhkan untuk membuat laporan nilai tersebut? Baiklah aya uraikan disini.

Buat tabel yang terdiri dari :

 

Nomor UrutNomor Peserta UjianNama Peserta UjianNilai Raport Smt 1, 2, 3, 4, dan 5Nilai Ujian Sekolah terdiri dari Ujian Tulis dan PraktekNilai SekolahAhlak MuliaKeterangan



Untuk mencari nilai rata-rata raport di cells I13 gunakan rumus =AVERAGE(D13:H13)/10Untuk mencari rata-rata nilai ujian sekolah di cells L13 gunakan rumus excel =AVERAGE(J13:K13)Sehingga nilai sekolah yang akan didapat adalah (0,4 X nilai raport) + (0,6 X Nilai Ujian Sekolah) dengan rumus excel yang ditulis di cell M13 =(I13*0.4)+(L13*0.6)Untuk mengisi keterangan nilai yang ada di cell W13 bisa menggunakan rumus excel maupun bisa diketik langsung sesuai dengan kriteria penilaian guru bidang studi masing-masing.SELESAI

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

No comments yet. Why not make the first one!

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images